SOSIALISASI APAR (ALAT PEMADAM API RINGAN) DAN SIMULASI PEMADAM KEBAKARAN DI SMKN 2 JAKARTA

2019-09-19 14:52:19 1613 Dilihat

SOSIALISASI APAR (ALAT PEMADAM API RINGAN)
DAN SIMULASI PEMADAM KEBAKARAN
DI SMKN 2 JAKARTA

Jakarta, 19 September 2019, pukul 10.00 Wib bertempat di halaman depan (parkir) SMKN 2 Jakarta berlangsung acara sosialisasi APAR dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran.  Sosialisasi ini di ikuti oleh seluruh Siswa, Para Guru, Karyawan dan Honorer  SMKN 2 Jakarta dengan antusias.  Setelah sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi pemadam oleh tim Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat.

 

Sosialisasi dan simulasi ini dilakukan dalam rangka akreditasi dan LSS yang merupakan agenda penting SMKN 2 Jakarta di tahun 2019 ini.  Pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada seluruh Siswa, Para Guru, Karyawan dan Honorer  SMKN 2 Jakarta tentang fungsi APAR, juga melatih para pegawai agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

Sosialisasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini disampaikan langsung oleh Kepala Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, dengan penyampaian informasi mengenai jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tersedia di yaitu :

APAR isi Powder
APAR isi Gas CO2
Selain itu juga dijelaskan mengenai ciri kondisi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap pakai :

1. Posisi masih tersegel,
2. Ada Pen Pengaman,
3. Pada label pengecekan APAR (tanggal pemeriksaan dan kondisi APAR) masihberfungsi,
4. Jarum barometer tekanan harus berada pada area hijau dengan tekanan sampai 17 bar (kecuali APAR dengan media Karbon Dioxide yang tidak memiliki barometer penunjuk tekanan isi APAR). Selanjutnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Calang-Aceh Jaya juga menjelaskan bahwa APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  adalah untuk memadamkan api dengan klasifikasi sumber kebakaran yaitu :

  1. Klas A : Kebakaran yang berasal dari bahan biasa padat yang mudah terbakar Contoh : kertas, kayu, plstik, karet, dll.
  2. Klas B : Kebakaran yang berasal dari bahan cair dan gas yang mudah menyala Contoh : minyak tanah, bensin, solar, thinner, LNG, LPG, dll.
  3. Klas C : Kebakaran yang berasal dari peralatan listrik (hubungan arus pendek) Contoh : generator listrik, setrika listrik, dll.

Cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  yang tepat dan benar dengan langkah : 

  1. Buka segel dengan cara memutar pinnya
  2. Tarik pin APAR
  3. Ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m- 3 meter dari api
  4. Angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api
  5. Semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam